~/blog
~/blog$ render faiz.blog.cimahi-runaway

Cimahi RunAway

Thursday, 26 January 2017 21:46:58 WIB | tags: desktop, portfolio, game | 407 hits | 0 comment(s)
Tipe Desktop Application, Game
Platform Windows
Bahasa Pemrograman Game Maker Studio

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Judul
Judul yang diajukan adalah Cimahi RunAway.


1.2. Latar Belakang
Dewasa ini, banyak pelajar/mahasiswa yang tidak menyadari pentingnya menuntut ilmu. Salah satu alasannya adalah pelajar/mahasiswa lebih memilih bermain game. Pelajar/mahasiswa banyak yang gagal mengatur waktu karena adanya game. Bahkan
mahasiswa yang
drop out dan pelajar yang bernilai buruk karena kecanduan game sudah tidak dapat dihitung oleh jari lagi. Hal tersebut membuktikan bahwa game sangat menarik minat pelajar/mahasiswa.

 

Walaupun game sering dipandang negatif, namun ternyata game juga dapat memberikan banyak manfaat. Selain menghibur, game juga dapat menjadi sarana belajar. Saat ini sudah mulai bertumbuhan pengembang yang menciptakan game edukasi dan game bertema lain namun mengandung berbagai nilai moral.


Berdasarkan fakta-fakta tersebut, hati kami terketuk untuk mengembangkan
game dengan nilai moral menyadarkan pelajar/mahasiswa bahwa menuntut ilmu itu penting namun dengan kualitas cerita yang baik sehingga tetap menghibur. Jika pelajar/mahasiswa mempunyai minat sangat tinggi terhadap game, maka game juga dapat dijadikan sebagai sarana kampanye strategis.


Game Cimahi RunAway adalah terobosan kami untuk memecahkan masalah tersebut. Mengisahkan seorang mahasiswa bernama Jek yang berdomisili di suatu daerah terpencil, sebut saja Negeri Cimahi dan harus melewati jalur ekstrim untuk mencapai kampus demi citacitanya menuntut ilmu sampai ke Negeri Bojong Soang. Walaupun di perjalanan dia menghadapi berbagai rintangan yang untuk orang bermental tempe dapat mematahkan citacita, namun Jek tetap tekad bulatnya untuk menuntut ilmu. Dengan antarmuka yang menarik dan kontrol yang mudah, diharapkan game ini dapat menghibur sekaligus menyindir dan menyadarkan pelajar/mahasiswa yang tidak menyadari pentingnya menuntut ilmu.


1.3. Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang di ajukan adalah sebagai berikut
1. Apa saja fitur yang harus ada dalam
game?
2. Rintangan apa saja yang harus disediakan dalam
game agar pemain merasa lebih tertantang untuk terus bermain game?
3. Bagaimana cara kreatif mengingatkan mahasiswa untuk menuntut ilmu?


1.4. Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai adalah:
1. Menghasilkan
game yang menantang dan menarik untuk dimainkan.
2. Menjelaskan cara kreatif mengingatkan mahasiswa untuk menuntut ilmu.


1.5. Target Pengguna
Target pengguna dari game Cimahi RunAway terbagi menjadi target primer dan
sekunder sebagai berikut:
ï‚· Target Primer :
o Pelajar SMP
o Pelajar SMA
o Mahasiswa
ï‚· Target Sekunder :
o Usia 22 tahun keatas


1.6. Luaran
Luaran yang diharapkan berupa game menarik dan terdapat berbagai nilai moral tersirat dan tersurat. Dengan cerita yang menyindir pelajar/mahasiswa yang sering melupakan pentingnya menuntut ilmu. Dengan adanya game ini, diharapkan dapat mengajak mereka untuk tidak menyianyiakan kesempatan menuntut ilmu. Dalam game Cimahi RunAway terdapat beberapa fitur utama sebagai berikut:
1. Mengelola pengaturan
game.
2. Mengatur pergerakan karakter.
3. Mengejar target yang sudah ditentukan pada
game.
4. Menyimpan data
game yang sebelumnya sudah dimainkan.
5. Belanja
item.
6. Mengelola kemampuan dan tampilan karakter.


Teks dan pesan yang disampaikan pada game Cimahi RunAway disesuaikan dengan target pengguna utama yaitu pelajar SMP, pelajar SMA, dan mahasiswa. Oleh karena itu bahasa yang digunakan banyak menggunakan
slang Indonesia dan bahasa non-formal namun sering digunakan di pergaulan remaja dan tidak berupa kata kasar. Kata yang dipilih pun diusahakan sesingkat mungkin tanpa mengurangi makna yang disampaikan. Contoh kata yang digunakan misalnya “Pulang” untuk pengganti “Keluar Permainan”. Beberapa teks dilengkapi dengan ikon supaya lebih atraktif.


Pada
game Cimahi RunAway juga akan terdapat Bahasa Inggris supaya dapat diakses oleh khalayak ramai dari seluruh penjuru dunia. Beberapa menu pada game Cimahi RunAway akan dirancang dengan tampilan visual dan audio, supaya jika ada pengguna yang indera penglihatan atau pendengarannya kurang baik masih dapat ditunjang dengan indera lainnya.


1.7. Manfaat
Manfaat yang diharapkan adalah:
1. Menghibur pengguna dengan jalan cerita yang unik dan menarik.
2. Mengubah pemikiran pelajar/mahasiswa lupa akan pentingnya menuntut ilmu dengan sindiran halus pada jalan cerita game, dan mengajak mereka untuk tidak menyianyiakan kesempatan menuntut ilmu. 3. Jika tahap awal berhasil menarik minat pengguna, game dapat dikembangkan dengan penambahan berbagai downloadable-content berbayar yang menjadi pemasukan tambahan pengembang.
4. Dengan diambil latar lokasi nyata dengan kondisi jalan yang rusak, diharap dapat menyindir pemerintah daerah untuk memperhatikan kondisi jalan.

Comments

Be the first to comment!

Give Comments









* required fields

Sending comment...

~/blog$ shortcuts: > Notes and > Faiz?