photo bandung.png

DAN BANDUNG

Dan Bandung, bagiku bukan cuma, urusan wilayah belaka

Lebih jauh dari itu melibatkan perasaan

Yang bersamaku ketika sunyi

Mungkin, Bandung diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum, mungkin

Mungkin saja ada tempat yang lainnya

Ketika ku berada di sana

Akan tetapi Perasaanku sepenuhnya ada di bandung

Yang bersamaku ketika rindu. Yang bersamaku ketika rindu

(Pidi Baiq)

 

Wilujeng Milangkala ka 204, Bandung

Ditulis : 25 September 2014 jam 14:30 WIB | 0 Komentar

Mungkin pembaca sering setelah pup saat menyiram kloset bekas pupnya nggak ilang ilang, pernah kan? Sebetulnya cuma hal simpel, tapi bayangin kalau udah beberapa menit nyiram tapi ga ilang-ilang juga. Lumayan menghabiskan waktu kan. Nah setelah melakukan riset beberapa kali urg nemuin cara ampuh buat ngilangin dengan cepet.

Pertama-tama lihat isi klosetnya. Cari lubang airnya, pasti cuma ada satu. Lobang tempat buang hajat paling gede. Kaya gambar dibawah ini.

 photo kloset.jpgSiram ke daerah yang dikasih tanda X karena dengan nyiram di titik itu, pup bakal ilang lebih cepet. Jangan siram di daerah pinggir apalagi pelan-pelan kecuali emang pengen lama-lama. Gabakal ilang-ilang kalau gitu caranya.

Nah, sekarang udah tau kan cara nyiram kloset dengan mudah. Coba ceritain pengalaman nyiram dengan cara yang mudahnya gimana...

Ditulis : 22 September 2014 jam 9:57 WIB | 0 Komentar

Setelah baca-baca berita tentang pembangunan Bandara Husein Sastranagara Bandung yang katanya bakal bernuansa Sunda, walaupun bukan jurusan arsitektur tapi jadi tertarik juga buat mencari lebih dalam tentang arsitektur atau bahasa mudahnya gaya bangunan khas Sunda.

Di koran Pikiran Rakyat tanggal 26 Agustus 2014, disebutin kalau renovasi Bandara Husein ini bakal masukin nuansa Sunda (dan Persib). Tapi, ternyata nuansa Sundannya hanya di bagian atapnya aja yaitu pakai atap Julang Ngapak kaya gambar diatas dan atap model leuit(lumbung padi).

Sebetulnya dari dulu emang udah pernah nyari-nyari juga sih rumah etnik Sunda tapi ya ketemunya cuma dua ciri khas yaitu : Bermodel rumah panggung dan bentuk atapnya, beberapa bentuk atapnya yaitu :

  • Suhunan Jolopong

Filosofi Rumah Sunda

  • Tagog Anjing

Filosofi Rumah Sunda

  • Badak Heuay

Filosofi Rumah Sunda

  • Parahu Kumureb

Filosofi Rumah Sunda

  • Julang Ngapak

Filosofi Rumah Sunda

  • Capit Gunting

Filosofi Rumah Sunda

  • Buka Palayu

Filosofi Rumah Sunda

  • Buka Pongpok.

Filosofi Rumah Sunda

sumber gambar atap dari : negeritimur.com

Dari 8 jenis atap khas Sunda ini, yang paling sering urg liat sih Julang Ngapak. Contohnya di ITB, Gedung DPRD Kab. Bandung, dan contoh diatas tadi Bandara. Setelah browsing-browsing cuma ketemu itu aja sih yang bener-bener 'adat' Sunda, tapi kalau mau bikin bangunan bernuansa Sunda sih sebetulnya ada bangunan karya Bpk. Ridwan Kamil yang dijadiin gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat yang ada di Dago, bentuknya lumayan unik dan kerasa banget Sunda nya soalnya ada kujang raksasa dan motifnyapun terbuat dari bambu.

Selain hal-hal yang udah dibahas di atas, kira-kira gimana lagi ya unsur budaya Sunda yang bisa dijadikan bentuk bangunan?

 

Ditulis : 2 September 2014 jam 13:15 WIB | 0 Komentar
Ditulis : 2 September 2014 jam 12:21 WIB | 0 Komentar

[Image: menu.png]

Para pembaca pasti ada yang sering ngumpat ke walikotanya, contohnya di kota urg sendiri, Bandung. Urg sering perhatiin twitter beliau kadang kadang kebawa kesel juga (bukan karena urg fans buta walkot) tapi banyak yang umpatannya tidak masuk akal, banyak juga yang mereka ngeluh padahal mereka juga jadi bagian dari masalahnya (seperti yang urg tulis di Mulutmu Harimau Kerempengmu).
Berawal dari pikiran itu urg mikir. Gimana ya rasanya jadi walikota? Apa segampang mainin game tamagotchi? Akhirnya lahir ide buat untuk ngebuat game simulasi jadi walikota. Para pembaca bisa ngisi nama di game ini sebagai walikota.
Game ini untuk sementara urg namain "BANDUNG JUARA", sementara ya gan soalnya latarnya urg pake Bandung.

Dari kegiatan kegiatan di atas, player bisa dapet experience point untuk naik level. Levelnyapun bisa dishare otomatis ke twitter.
Di game inipun bakal ada berita random, misalnya kalau tingkat kedisiplinan kurang (kualitas keamanan rendah) bisa tiba-tiba ada tawuran. Atau kalau tingkat kebersihan yang kurang, bisa banjir yang bakal ngurangin uang dan ngerusak beberapa bangunan.
Beberapa mungkin udah pada tau, kalau di Bandung, ada perda kalau Rabu itu Sunda, ada juga himbauan dari walikota kalau Kamis itu Inggris. Di Game ini juga gitu! Kalau main di hari Rabu, menu-menu di game bakal berubah menjadi Bahasa Sunda, begitu juga kalau main hari Kamis menunya bakal jadi Bahasa Inggris.
Sayangnya, untuk sementara game ini stuck. Sebenarnya udah tinggal finalisasi tapi ane masih belum puas sama kualitas grafiknya. Sangat dibutuhkan deh, orang yang jago Corel Draw atau aplikasi apapun buat ngedesain buat ngebantu. Kalau ada yang minat, tinggal hubungin aja lewat komentar di postingan ini atau email ke faiz@frachiemy.com.

[Image: play1.png]

[Image: play2.png]

Ditulis : 25 August 2014 jam 1:38 WIB | 0 Komentar
<1234567...20>
Halaman 4/20
Coretan Terbaru
Komentar Terbaru
  • Flepi Kepo dikomentari oleh Faiz Rahiemy
    Ditulis : 12 February 2014 jam 15:16 WIB
  • Flepi Kepo dikomentari oleh imam
    Ditulis : 9 February 2014 jam 16:25 WIB
  • Beware, Tomcat! dikomentari oleh tomcat
    Ditulis : 4 February 2013 jam 14:55 WIB